Brand

Resource Centre & Self-Access Centre

Akses mandiri kepada peserta program dalam memperoleh bahan bacaan, sumber daya belajar, dan teknologi untuk mendukung pembelajaran mereka.

Tentang Program

1. Resource Centre

Pusat Sumber Daya terletak di salah satu ruangan di Ruang Staf. RC ini terdiri dari koleksi referensi dan kaset untuk pengajaran bahasa Inggris serta koleksi untuk pengajaran bahasa Indonesia kepada orang asing. Saat ini, jumlah total judul buku di RC adalah sekitar 1000 judul (sekitar 2000 eksemplar), dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan Pusat Bahasa UNRAM. Sebagian besar koleksi ini merupakan sumbangan dari Unit Pelaksana Proyek Lokal – Indonesian-Australian Eastern Universities Project (LPIU-IAEUP) dan Proyek Pengembangan Sebelas Perguruan Tinggi (PPSLPT). 

Koleksi ini dibagi berdasarkan kategori: Reading (RE), General English Course (CB), English for Occupational Purposes (EOP), English for Science and Technology (EST), International Tests/IELTS, TOEFL dan TOEIC (IT), Grammar (GR), Listening (LS), Vocabulary (VO), Testing (TES), Dictation and Pronunciation (DP), Activities (Games & Songs) (AC), Cambridge First Certificate (CA), Journal (JR), Speaking (SP), Writing (WR), English for Academic Purposes (EAP), Teacher Training (TT), Dictionary (DC), Novel (NOV), dan Video (VR/VG), Bahasa Indonesia (INDO). 

Jumlah kaset yang tersedia saat ini sekitar 500 judul. Koleksi di RC adalah materi pengajaran, beberapa buku kosakata, dan tata bahasa (VO dan GR) untuk kursus yang berlangsung di Pusat Bahasa UNRAM dan tidak dipinjamkan kepada anggota SAC/mahasiswa kecuali untuk Teacher Training (TT) dan Journal (JL). Data tentang koleksi buku, kaset, dan video diarsipkan dalam “Clear Holder”. Dari koleksi ini, beberapa buku dipilih untuk digunakan sebagai materi pengajaran untuk kursus bahasa Inggris (dan bahasa Indonesia) yang ditentukan berdasarkan tingkat. (Untuk bahan yang disarankan untuk setiap tingkat, lihat Lampiran untuk Rencana Pembelajaran). Buku yang disarankan untuk kursus individual tidak dipinjamkan baik kepada fakultas maupun anggota SAC.

2. Self-Access Centre

Pusat Akses Mandiri (SAC) merupakan pusat pembelajaran bahasa yang mandiri. SAC bertujuan untuk membantu para pembelajar bahasa Inggris di lingkungan UNRAM dan juga masyarakat umum agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan pola pembelajaran bahasa sendiri (Self-Access Language Learning/SALL), di mana siswa dapat menentukan pola belajar mereka sendiri dengan memilih materi (lembar kerja, buku, kaset, video, permainan, dsb.) berdasarkan minat dan kebutuhan mereka serta sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki. Dengan adanya SAC, diharapkan siswa dapat belajar bahasa Inggris secara mandiri dan efektif sesuai dengan kebutuhan dan minat pribadi mereka.

A. Fasilitas

SAC memiliki fasilitas-fasilitas berikut: Lembar kerja dan buku teks, lengkap dengan kunci jawaban, ditampilkan dalam rak akses mandiri. Lembar kerja dan buku teks ini diatur berdasarkan tingkat – dari dasar hingga menengah, ditandai dengan warna folder (pink untuk dasar, kuning untuk pra-menengah, dan hijau muda untuk menengah) dan berdasarkan aspek bahasa dan keterampilan (listening, reading, writing, grammar, vocabulary, dan pronunciation). Lagu-lagu (folder oranye), Persiapan Tes (TOEFL dan IELTS) (folder biru), seri English for Specific Purposes (ESP) (folder merah), dan Aussie English (folder biru muda) juga tersedia. Buku teks bahasa Inggris, referensi linguistik (TT), artikel jurnal, video (pelajaran bahasa Inggris dan film hiburan), novel, permainan, informasi studi di luar negeri, dan komputer semuanya tersedia. Layanan lain yang membantu termasuk kelompok diskusi, lokakarya, layanan masyarakat, dan konsultasi studi di luar negeri.

Dua pemutar video, tiga belas pemutar kaset, dan sebuah ruangan ber-AC mendukung fasilitas-fasilitas tersebut. Sejak Mei 2000, SAC telah menambah satu ruangan lagi untuk menampung jumlah siswa yang tertarik yang cukup besar. Ruangan ini digunakan untuk ruang audiovisual, sudut berbicara, rak majalah, dan informasi studi di luar negeri.

B. Jam Buka

Saat ini, jam buka SAC dibatasi sesuai dengan jam kerja pegawai negeri sipil (PNS), tetapi tidak ada aturan yang melarang untuk memperpanjang waktu hingga sore atau bahkan larut malam, tergantung pada permintaan.

Senin & Kamis 08.00 – 14.00
Selasa & Rabu 08.00 – 18.00
Jumat & Sabtu 08.00 – 12.00
Minggu dan hari libur tutup

C. Keanggotan

Pengguna diwajibkan untuk mendaftar keanggotaan untuk dapat mengakses fasilitas SAC selama satu tahun. Untuk mendaftar, pengguna diharuskan untuk:

  • Mengisi formulir
  • Membayar biaya pendaftaran:
  • Akademisi UNRAM IDR25.000,00/tahun
  • Umum IDR 35.000,00/tahun
  • Dua foto ukuran paspor (2 x 3) dan fotokopi kartu identitas
  • Hingga pertengahan September 2000, terdapat sekitar 390 anggota. 370 di antaranya masih aktif.

D. Peminjaman Buku

Setiap anggota diizinkan untuk meminjam koleksi SAC tertentu. Jurnal, kosakata, tata bahasa, novel, pendidikan guru, dan bacaan adalah contoh buku yang dapat dipinjam. Kecuali untuk novel, yang dapat dipinjam selama satu minggu, periode pinjaman maksimum adalah tiga hari, dan hanya satu buku yang boleh dipinjam pada satu waktu. Denda untuk pengembalian terlambat adalah IDR 500.000 per hari, dan anggota tidak diizinkan untuk meminjam sampai denda telah dibayar lunas. Jika buku hilang, peminjam harus menggantinya dengan salinan dari buku yang sama atau membayar biaya buku (harga saat ini).

Para guru Bahasa Inggris dalam Program Studi Bahasa Inggris diizinkan untuk meminjam dua buku selama periode peminjaman satu bulan. Koordinasi peminjaman buku-buku ini adalah tanggung jawab Koordinator SAC.

E. Training of Trainers (ToT)

Melalui pelatihan, seminar, dan diskusi, program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan tutor Bahasa Inggris serta mata pelajaran lainnya. Program ini mencakup:

  • Pengembangan Profesional Guru
  • Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris
  • Pengajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajar Muda (TEYL)
  • Strategi dan Model Pembelajaran Bahasa Inggris
  • Penelitian Tindakan Kelas
  • Desain Kurikulum
  • Pembelajaran Pelajaran
  • Pengembangan Media dan Pelatihan Bahan Pembelajaran
  • Pelatihan Penerjemahan
Scroll to Top