Brand

Program Kursus

Berikut adalah beberapa program kursus yang disediakan oleh UPA Pusat Bahasa Universitas Mataram

Tentang Layanan Kursus

Layanan kursus bahasa asing di UPA Bahasa Universitas Mataram menyediakan pelayanan kursus bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Untuk pelayanan kursus Bahasa Inggris, ditawarkan beberapa jenis kelas bahasa dengan level atau tingkatan yang bervariasi. Adapun jenis-jenis kelas bahasa Inggris yang ditawarkan meliputi:

English For Children (EFC)

EFC 4

Kelas ini dirancang khusus untuk anak-anak di kelas 4 Sekolah Dasar di Indonesia, dengan fokus pada pengenalan bahasa Inggris melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Dalam 30 pertemuan ini, anak-anak akan dibimbing untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Materi pembelajaran mencakup kosakata sehari-hari, frasa sederhana, dan aktivitas berbasis permainan untuk memotivasi partisipasi aktif.

Tujuan Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat ini:

  1. Meningkatkan pemahaman mendengarkan melalui cerita pendek dan lagu-lagu berbahasa Inggris.
  2. Memperkenalkan frasa dan kalimat sederhana dalam konteks sehari-hari.
  3. Melibatkan peserta dalam percakapan kelompok untuk memperkuat keterampilan berbicara.
  4. Mendorong penulisan kreatif melalui kegiatan menulis cerita pendek atau surat sederhana.
  5. Memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.
 

EFC 5

Kursus ini ditujukan untuk anak-anak di kelas 5 Sekolah Dasar di Indonesia, dengan penekanan pada memperdalam pemahaman bahasa Inggris melalui berbagai kegiatan yang menarik. Selama 30 pertemuan, peserta belajar akan terlibat dalam kegiatan interaktif untuk memperkaya kosakata, meningkatkan keterampilan membaca, dan memperkuat kemampuan berbicara dan menulis.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Meningkatkan kosakata dan pemahaman konteks dengan berbagai permainan kata.
  2. Memperkenalkan cerita pendek yang lebih kompleks untuk meningkatkan pemahaman membaca.
  3. Melibatkan peserta dalam percakapan kelompok untuk memperkuat keterampilan berbicara.
  4. Mendorong penulisan kreatif melalui kegiatan menulis cerita pendek atau surat sederhana.
  5. Memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.

EFC 6

Kursus ini ditujukan untuk siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Indonesia, yang bertujuan memberikan tantangan tambahan dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris. Selama 30 pertemuan, peserta belajar akan terlibat dalam kegiatan diskusi, proyek kolaboratif, dan penggunaan sumber daya berbahasa Inggris untuk memperkaya pengalaman pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Mengembangkan kemampuan membaca melalui cerita, artikel, dan bahan bacaan yang lebih kompleks.
  2. Meningkatkan keterampilan berbicara melalui presentasi singkat dan diskusi kelompok.
  3. Mendorong penulisan ekspositori melalui tugas menulis esai sederhana.
  4. Memperdalam pemahaman mendengarkan melalui materi audio berbahasa Inggris yang lebih kompleks.
  5. Memotivasi eksplorasi lebih lanjut terhadap budaya berbahasa Inggris melalui proyek kolaboratif.

Kelas Persiapan Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Introductory to Academic English

Kelas Pengantar Bahasa Inggris Akademik dirancang untuk siswa yang mendapat nilai 400 atau lebih rendah pada tes TOEFL. Kelas ini bertujuan untuk membekali siswa dengan dasar yang kuat dalam bahasa Inggris akademis, memungkinkan mereka untuk membiasakan diri dengan keterampilan dan konvensi bahasa yang diperlukan untuk lingkungan akademik dan kegiatan akademis di masa depan.

Pada kelas ini, siswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas dan latihan yang berfokus pada pengembangan keterampilan dasar bahasa Inggris akademis. Penekanannya akan ditempatkan pada peningkatan pemahaman membaca, keterampilan menulis, pemahaman mendengarkan, dan kemampuan berbicara dalam konteks akademik. Selain itu, siswa akan diperkenalkan dengan kosakata akademik utama dan konvensi penulisan akademik dasar.

Untuk pemahaman membaca, Siswa akan berlatih membaca teks akademik pada tingkat pemula, secara bertahap meningkatkan keterampilan pemahaman mereka. Siswa akan mempelajari strategi membaca yang penting, seperti mengidentifikasi gagasan utama, memahami konteks, dan mengenali detail pendukung.

Untuk keterampilan Menulis Dasar: Kursus ini akan memperkenalkan siswa pada dasar-dasar penulisan akademik, termasuk struktur kalimat, pengembangan paragraf, dan penggunaan tata bahasa dasar. Siswa akan belajar mengungkapkan ide-ide mereka dengan jelas dan koheren dalam tugas menulis akademik sederhana.

Untuk pemahaman Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan terlibat dengan materi akademik, seperti rekaman ceramah dan diskusi akademis singkat. Siswa akan berlatih memahami gagasan utama, mengikuti arahan, dan mengenali kosakata akademis umum.

Untuk keterampilan Berbicara dan Presentasi: Siswa akan mengembangkan keterampilan berbicara dasar yang diperlukan untuk komunikasi akademik. Siswa akan berlatih berpartisipasi dalam diskusi akademis sederhana, memberikan presentasi singkat, dan mengungkapkan ide-idenya dengan jelas dan percaya diri.

Untuk Kosakata Akademik: Siswa akan diperkenalkan dengan kosakata akademik penting yang berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu. Siswa akan mempelajari istilah akademis umum, ekspresi idiomatik, dan terminologi khusus untuk konteks akademis.

Pada akhir kelas Pengantar Bahasa Inggris Akademik, siswa akan memiliki dasar keterampilan bahasa Inggris akademik yang diperlukan untuk studi akademis lebih lanjut. Siswa akan meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam konteks akademik, dan memperoleh keakraban dengan kosakata akademik dasar.

Academic English

Kelas Bahasa Inggris Akademik dirancang khusus bagi siswa yang telah mencapai nilai tes TOEFL antara 401 dan 450. Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bahasa Inggris akademik, memungkinkan mereka untuk terlibat secara efektif dalam lingkungan akademik dan memenuhi tuntutan bahasa di pendidikan tinggi. Pada kelas ini, siswa akan fokus pada pengembangan keterampilan bahasa penting yang diperlukan untuk keberhasilan akademik. Penekanannya akan ditempatkan pada peningkatan pemahaman membaca, kemahiran menulis, pemahaman mendengarkan, dan keterampilan berbicara dalam konteks akademik. Siswa juga akan mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis yang diperlukan untuk tugas dan tugas akademik.

Untuk Membaca dan Pengembangan Kosakata: Siswa akan terlibat dengan berbagai teks akademis, termasuk artikel, makalah penelitian, dan materi ilmiah. Siswa akan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan mereka, memperluas kosakata akademis mereka, dan mempelajari strategi efektif untuk memahami dan mengekstraksi informasi dari teks yang kompleks.

Untuk Keterampilan Menulis dan Gaya Akademik: Kursus ini akan membimbing siswa melalui proses penulisan akademis, termasuk komposisi esai, pengembangan makalah penelitian, dan konvensi penulisan formal. Siswa akan belajar menyusun struktur tulisan mereka secara efektif, mengembangkan argumen yang kohesif, dan menyempurnakan penggunaan tata bahasa dan kosa kata untuk memenuhi standar penulisan akademis.

Untuk Pemahaman Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan terlibat dalam ceramah akademik otentik, presentasi, dan diskusi. Siswa akan mempraktikkan teknik mendengarkan aktif, dan strategi mencatat, serta mengembangkan kemampuan mereka untuk memahami dan mengikuti wacana akademik yang kompleks.

Untuk Keterampilan Berbicara dan Presentasi: Siswa akan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri dengan percaya diri dan efektif dalam lingkungan akademik. Siswa akan berlatih diskusi akademis, terlibat dalam proyek kelompok, dan menyampaikan presentasi tentang topik akademik. Perhatian khusus akan diberikan untuk meningkatkan pengucapan, kelancaran, dan daftar akademik.

Untuk Keterampilan Akademik dan Berpikir Kritis: Kursus ini akan fokus pada pengembangan keterampilan akademik yang penting, seperti parafrase, merangkum, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber. Siswa juga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dengan menganalisis dan mengevaluasi teks akademik, terlibat dalam perdebatan, dan merumuskan argumen berbasis bukti.

Pada akhir kelas Bahasa Inggris Akademik, siswa akan meningkatkan kompetensi mereka dalam Bahasa Inggris Akademik secara signifikan. Siswa akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis teks akademik, mengekspresikan diri mereka dengan lancar dan koheren baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, dan terlibat dalam diskusi dan presentasi akademik dengan percaya diri.

IELTS Preparation 1

Kelas Persiapan IELTS 1 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 450 dan 500 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 4,5. Tujuan utama dari kelas ini adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 5,5 pada ujian International English Language Testing System (IELTS). Pada kelas ini, siswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas dan latihan yang disesuaikan untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam keempat komponen tes IELTS: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Penekanannya akan ditempatkan pada pengembangan keterampilan bahasa yang penting, strategi pengambilan tes, dan teknik manajemen waktu.

Dalam membangun Keterampilan Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan pemahaman mendengarkan mereka melalui latihan ekstensif dengan berbagai materi audio, termasuk percakapan, ceramah, dan wawancara. Siswa akan mempelajari teknik pencatatan yang efektif, mengembangkan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi informasi penting, dan meningkatkan pemahaman mereka secara keseluruhan tentang bahasa Inggris lisan.

Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca: Kursus ini akan fokus pada penguatan keterampilan pemahaman membaca siswa dengan memaparkan mereka pada berbagai bagian bacaan otentik. Melalui latihan dan diskusi yang dipandu, siswa akan mempelajari strategi membaca yang efektif, seperti skimming, scanning, dan mengidentifikasi ide-ide utama, rincian pendukung, dan makna yang disimpulkan.

Dalam mengembangkan Kemahiran Menulis: Siswa akan mengembangkan keterampilan menulisnya dengan mempraktikkan berbagai jenis tugas menulis yang biasa ditemukan dalam ujian IELTS. Siswa akan belajar bagaimana menyusun esai secara efektif, mengekspresikan ide-ide mereka secara koheren, dan menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sesuai. Selain itu, siswa akan menerima umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Dalam meningkatkan Kefasihan Berbicara: Kursus ini akan memberi siswa banyak kesempatan untuk berlatih dan menyempurnakan keterampilan berbicara mereka. Melalui terlibat dalam diskusi kelompok, memberikan presentasi, dan berpartisipasi dalam tes berbicara tiruan, siswa akan mengembangkan kepercayaan diri dalam mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka dengan lancar dan akurat. Siswa juga akan menerima umpan balik tentang pengucapan, intonasi, dan keakuratan tata bahasa.

Pada kelas ini, siswa juga akan mempelajari strategi penting dalam mengambil tes khusus untuk ujian IELTS. Siswa akan terbiasa dengan format dan persyaratan setiap bagian, memahami kriteria penilaian, dan mempraktikkan teknik manajemen waktu yang efektif untuk mengoptimalkan kinerja mereka selama ujian. Pada akhir Kelas Persiapan IELTS 1, siswa akan memperoleh keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencapai skor band 5,5 pada ujian IELTS. Siswa akan meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mereka secara keseluruhan dan siap untuk maju ke tingkat persiapan IELTS berikutnya atau mengejar tujuan akademik dan profesional mereka yang membutuhkan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang lebih tinggi.

IELTS Preparation 2

Kelas Persiapan IELTS 2 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 501 dan 550 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 5,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 6,5 pada ujian International English Language Testing System (IELTS).

Sepanjang kursus intensif ini, siswa akan terlibat dalam aktivitas dan latihan yang ditargetkan yang dirancang untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam keempat komponen tes IELTS: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Kelas ini akan fokus pada pengembangan lebih lanjut keterampilan bahasa, menyempurnakan strategi pengambilan tes, dan meningkatkan kelancaran dan akurasi secara keseluruhan.

Untuk Pemahaman Mendengarkan Tingkat Lanjut: Siswa akan menyempurnakan keterampilan mendengarkan mereka melalui paparan ekstensif terhadap berbagai materi audio otentik, seperti ceramah, wawancara, dan diskusi. Siswa akan berlatih mengidentifikasi informasi spesifik, membuat kesimpulan, dan memahami ide-ide kompleks. Selain itu, siswa akan berupaya mempertajam kemampuan mencatat dan meningkatkan akurasi dan kecepatan mendengarkan secara keseluruhan.

Untuk Keterampilan Membaca Kritis: Kursus ini akan berkonsentrasi pada peningkatan keterampilan pemahaman membaca siswa dengan melibatkan teks akademis yang menantang. Siswa akan mempelajari teknik membaca tingkat lanjut, termasuk menganalisis argumen yang kompleks, mengidentifikasi makna tersirat, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber. Penekanan juga akan diberikan pada perluasan kosa kata dan pemahaman penggunaan bahasa yang berbeda.

Untuk Teknik Menulis Tingkat Lanjut: Siswa akan lebih mengembangkan kemampuan menulis mereka dengan terlibat dalam serangkaian tugas menulis yang mencerminkan tugas-tugas yang ditemukan dalam ujian IELTS. Siswa akan belajar bagaimana menulis esai yang koheren dan terstruktur dengan baik dengan kosakata tingkat lanjut, penggunaan tata bahasa yang tepat, dan argumentasi yang efektif. Siswa juga akan menerima umpan balik yang dipersonalisasi untuk menyempurnakan keterampilan menulis mereka dan mengatasi area peningkatan tertentu.

Untuk Berbicara Lancar dan Koheren: Kelas ini akan memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kefasihan, koherensi, dan akurasi berbicara mereka. Melalui kegiatan interaktif, diskusi, dan presentasi, siswa akan menyempurnakan kemampuan mereka untuk mengungkapkan ide dengan jelas, mendukung argumen, dan terlibat dalam percakapan yang panjang. Pengucapan dan intonasi juga akan ditekankan untuk menjamin komunikasi yang efektif.

Strategi Tes Tingkat Lanjut: Siswa akan memperoleh strategi pengambilan tes tingkat lanjut yang secara khusus disesuaikan dengan ujian IELTS. Siswa akan memahami seluk-beluk setiap bagian tes, mendapatkan wawasan tentang kriteria penilaian, dan mempraktikkan teknik manajemen waktu untuk mengoptimalkan kinerja mereka. Tes tiruan dan latihan yang ditargetkan akan mensimulasikan kondisi ujian nyata dan memberikan umpan balik yang berharga untuk perbaikan.

Pada akhir Persiapan IELTS 2, siswa akan memperoleh keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencapai skor band 6,5 pada ujian IELTS. Siswa akan menunjukkan kemahiran dalam memahami materi akademik yang kompleks, mengekspresikan diri dengan lancar dan akurat, dan menerapkan strategi yang efektif untuk unggul dalam format tes.

IELTS Prepaparation 3

Kelas Persiapan IELTS 3 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 551 dan 600 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 6,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 7 pada ujian International English Language Testing System (IELTS).

Kelas Persiapan IELTS 3 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 551 dan 600 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 6,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 7 pada ujian International English Language Testing System (IELTS).

Kelas Bahasa Mandarin

Dewasa ini, China diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan penting tata baru perekonomian dunia. Pengaruhnya di Kawasan Asia, secara langsung atau tidak langsung, akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Hubungan diplomatik dan dinamika perdagangan Indonesia-China, memiliki arti penting bagi masyarakat Asia. China dengan kekuatan ekonomi, keunikan bahasa dan budayanya, dipandang perlu untuk dipelajari.

Unit Pengelola Akademik Bahasa (UPA Bahasa) di Universitas Mataram menyediakan layanan kursus Bahasa Mandarin tingkat dasar yang bertujuan untuk memberikan akses dan mendukung pengembangan keterampilan berbahasa Mandarin sebagai bahasa kedua bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Sasaran dari pelayanan ini adalah mahasiswa dan masyaraat umum yang ingin memulai atau meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin untuk keperluan pribadi atau profesional.

Program ini diperuntukkan bagi pemula dengan pengenalan huruf pinyin, hanzi, angka serta greeting. Materi pembelajaran meliputi; Mandarin for Daily Life. Pemahaman dan penggunaan Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari dan mengekspresikan perasaan. Pengenalan huruf pinyin dan cara penulisan huruf hanzi sehingga siswa dapat membuat kalimat, dengan menggunakan komputer dan alat komunikasi lain seperti Mobile Phone . Siswa juga diharapkan dapat memahami “basic phones and tones”, mampu berbicara, menulis dan membaca dalam aktivitas sehari-hari.

Struktur kurikulum bahasa Mandarin dikembangkan berdasarkan keperluan peserta kursus dengan mempertimbangkan level kemampuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam program ini dengan model active learning dengan mengedepankan drill atas empat kemahiran yaitu kemahiran membaca, berbicara, menulis dan mendengarkan.

Registrasi administratif kelas bahasa Mandarin dilaksanakan oleh bagian administrasi UPA Bahasa, dan registrasi dilaksanakan dalam tiga periode dalam setahun, yang dapat dilakukan secara online melalui laman pubah.unram.ac.id dengan ketentuan dan prosedur seperti yang tercantum pada pelaksanaan kegiatan UPA Bahasa.

Scroll to Top