Program Kursus

Berikut adalah beberapa program kursus yang disediakan oleh UPA Pusat Bahasa Universitas Mataram

Tentang Layanan Kursus

Layanan kursus bahasa asing di UPA Bahasa Universitas Mataram menyediakan pelayanan kursus bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Untuk pelayanan kursus Bahasa Inggris, ditawarkan beberapa jenis kelas bahasa dengan level atau tingkatan yang bervariasi. Adapun jenis-jenis kelas bahasa Inggris yang ditawarkan meliputi:

English For Children (EFC)

EFC 4

Kelas ini dirancang khusus untuk anak-anak di kelas 4 Sekolah Dasar di Indonesia, dengan fokus pada pengenalan bahasa Inggris melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Dalam 30 pertemuan ini, anak-anak akan dibimbing untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Materi pembelajaran mencakup kosakata sehari-hari, frasa sederhana, dan aktivitas berbasis permainan untuk memotivasi partisipasi aktif.

Tujuan Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat ini:

  1. Meningkatkan pemahaman mendengarkan melalui cerita pendek dan lagu-lagu berbahasa Inggris.
  2. Memperkenalkan frasa dan kalimat sederhana dalam konteks sehari-hari.
  3. Melibatkan peserta dalam percakapan kelompok untuk memperkuat keterampilan berbicara.
  4. Mendorong penulisan kreatif melalui kegiatan menulis cerita pendek atau surat sederhana.
  5. Memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.

 

EFC 5

Kursus ini ditujukan untuk anak-anak di kelas 5 Sekolah Dasar di Indonesia, dengan penekanan pada memperdalam pemahaman bahasa Inggris melalui berbagai kegiatan yang menarik. Selama 30 pertemuan, peserta belajar akan terlibat dalam kegiatan interaktif untuk memperkaya kosakata, meningkatkan keterampilan membaca, dan memperkuat kemampuan berbicara dan menulis.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Meningkatkan kosakata dan pemahaman konteks dengan berbagai permainan kata.
  2. Memperkenalkan cerita pendek yang lebih kompleks untuk meningkatkan pemahaman membaca.
  3. Melibatkan peserta dalam percakapan kelompok untuk memperkuat keterampilan berbicara.
  4. Mendorong penulisan kreatif melalui kegiatan menulis cerita pendek atau surat sederhana.
  5. Memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan.

 

EFC 6

Kursus ini ditujukan untuk siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Indonesia, yang bertujuan memberikan tantangan tambahan dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris. Selama 30 pertemuan, peserta belajar akan terlibat dalam kegiatan diskusi, proyek kolaboratif, dan penggunaan sumber daya berbahasa Inggris untuk memperkaya pengalaman pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Mengembangkan kemampuan membaca melalui cerita, artikel, dan bahan bacaan yang lebih kompleks.
  2. Meningkatkan keterampilan berbicara melalui presentasi singkat dan diskusi kelompok.
  3. Mendorong penulisan ekspositori melalui tugas menulis esai sederhana.
  4. Memperdalam pemahaman mendengarkan melalui materi audio berbahasa Inggris yang lebih kompleks.
  5. Memotivasi eksplorasi lebih lanjut terhadap budaya berbahasa Inggris melalui proyek kolaboratif.

Kelas Reguler

A1. Level Dasar (Basic): Pengenalan Komunikasi Bahasa Inggris Dasar (A1).

Kelas ini dirancang untuk pemula yang memiliki sedikit atau tanpa pengetahuan bahasa Inggris sebelumnya. Kelas ini bertujuan untuk membantu peserta belajar mengembangkan keterampilan komunikasi dasar dalam situasi sehari-hari. Fokus utama adalah pada dialog sederhana, perolehan kosakata dasar, dan latihan pengucapan untuk membangun dasar yang kuat dalam berbicara Bahasa Inggris.

Dasar Membaca dan Menulis (A1):

Bertujuan untuk memperkenalkan keterampilan membaca dan menulis dasar, kursus ini mencakup teks pendek, latihan pemahaman bacaan dasar, dan tugas menulis awal. Tujuannya adalah memastikan peserta belajar memahami dasar-dasar melek huruf pada tingkat pemula.

Keterampilan Mendengarkan dan Berbicara Dasar (A1):

Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara pada tingkat pemula. Materi melibatkan materi audio dengan pengucapan yang jelas, percakapan dasar, dan kegiatan berbicara untuk situasi komunikasi praktis.

A2. Level Menengah (Elementary): Bahasa Inggris Percakapan untuk Pembelajar Menengah (A2)

Kelas ini cocok untuk pelajar dengan pemahaman dasar bahasa Inggris, untuk memperluas kosa kata dan mengenal struktur kalimat yang lebih kompleks. Kelas ini difokuskan pada meningkatkan keterampilan percakapan dalam situasi rutin, kursus ini mencakup dialog, peran, dan perluasan kosakata. Peserta diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan interaktif untuk membangun kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris.

Pemahaman Bacaan pada Tingkat Menengah (A2):

Tujuan dari kursus ini adalah untuk mengembangkan keterampilan pemahaman membaca tingkat menengah. Materi seperti cerita pendek, artikel dasar, dan latihan pemahaman digunakan untuk membangun keterampilan membaca yang mendasar.

Menulis untuk Tingkat Menengah (A2):

Memperkuat keterampilan menulis dasar adalah tujuan dari kursus ini. Melalui tugas menulis terpandu, rangsangan kreatif, dan latihan dasar tata bahasa, peserta belajar mengembangkan kemampuan untuk mengungkapkan diri melalui paragraf pendek dan narasi sederhana.

B1. Level Pre-Intermediate: Komunikasi Praktis dalam Situasi Sehari-hari (B1)

Kelas ini ditujukan untuk pembelajar yang dapat mengekspresikan dirinya dalam situasi yang familiar. Aktifitas kelas dibangun berdasarkan pengetahuan yang ada, dengan fokus pada kosakata dan tata bahasa yang lebih beragam. Kelas ini berfokus pada peningkatan keterampilan komunikasi dalam berbagai situasi kehidupan nyata. Peran-peran, dialog situasional, dan kosakata untuk konteks tertentu digunakan untuk mempersiapkan peserta belajar untuk penggunaan bahasa yang praktis.

Strategi Membaca untuk Pembelajar Pra-Intermediate (B1):

Dirancang untuk mengembangkan strategi membaca yang efektif untuk teks yang lebih panjang, kursus ini mencakup artikel, cerita pendek, dan latihan pemahaman. Tujuannya adalah meningkatkan kemahiran membaca secara keseluruhan pada tingkat pra-intermediate.

Keterampilan Menulis Menengah (B1):

Kelas ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan menulis menengah melalui esai terstruktur dan laporan. Prompt menulis, tugas esai, dan kegiatan peer review berkontribusi pada peningkatan kemahiran menulis.

B2. Level Menengah (Intermediate): Percakapan Lancar dalam Bahasa Inggris Menengah (B2)

Kelas ini dirancang untuk pelajar yang menguasai bahasa Inggris dasar dengan baik untuk mencapai kelancaran dalam percakapan tentang berbagai topik. Karenanya, kelas ini mengintegrasikan debat, diskusi, konten multimedia, dan kosakata tingkat lanjut. Fokus utama adalah menyempurnakan keterampilan berbicara untuk komunikasi yang efektif.

Pemahaman dan Analisis Kritis (B2):

Kelas ini didedikasikan untuk mengembangkan keterampilan membaca kritis untuk materi yang lebih kompleks. Artikel otentik, esai, dan latihan membaca analitis menantang peserta belajar untuk terlibat dengan konten yang lebih maju.

Menulis Bisnis Menengah (B2):

Memperkenalkan jenis tulisan teks yang lebih bervariasi, seperti teks bisnis dan korespondensi. Kelas ini menggunakan email bisnis, laporan, dan skenario komunikasi profesional untuk meningkatkan kemahiran menulis dalam konteks profesional.

C1. Level Menengah Atas (Upper intermediate): Keterampilan Berbicara Tingkat Lanjut (C1)

Kelas ini ditujukan untuk pelajar dengan dasar yang kuat dalam bahasa Inggris, dan berfokus pada tata bahasa tingkat lanjut, kosakata yang berbeda, dan struktur kalimat yang kompleks. Dengan fokus pada penyempurnaan keterampilan berbicara untuk diskusi yang lebih halus, kelas ini mencakup dialog kompleks, debat, dan topik percakapan tingkat lanjut untuk pembelajar tingkat menengah atas.

Analisis Sastra dan Menulis Kreatif (C1):

Untuk memupuk analisis sastra dan kreativitas dalam menulis, kelas ini mencakup teks sastra, rangsangan menulis kreatif, dan latihan menulis tingkat lanjut. Peserta belajar mengeksplorasi aspek yang lebih rumit dari bahasa Inggris melalui sastra.

Menulis Profesional dan Komunikasi (C1):

Level ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan menulis tingkat lanjut untuk konteks profesional. Proposal bisnis, laporan, dan skenario komunikasi tempat kerja digunakan untuk meningkatkan kemahiran menulis dalam konteks profesional.

C2. Level Lanjutan (Advance): Diskusi Akademis Tingkat Lanjut (C2)

Kelas ini dirancang untuk pembicara mahir yang ingin menyempurnakan keterampilan bahasa mereka. Materi kelas ini ditekankan pada kosakata tingkat lanjut, tata bahasa yang rumit, dan ekspresi idiomatik. Pada tingkat ini, siswa terlibat dalam diskusi akademis mendalam tentang berbagai subjek. Peserta belajar menganalisis artikel akademis, makalah penelitian, dan berpartisipasi dalam diskusi bergaya seminar.

Menguasai Materi Bacaan yang Kompleks (C2):

Untuk mengembangkan kemahiran membaca pada teks sastra dan akademis yang kompleks, level ini mengintegrasikan karya sastra tingkat lanjut, makalah penelitian, dan tugas membaca kritis. Peserta belajar berinteraksi dengan konten yang lebih canggih untuk meningkatkan kemahiran membaca mereka.

Menulis Kreatif Tingkat Lanjut (C2):

Level ini bertujuan untuk menyempurnakan keterampilan menulis kreatif tingkat lanjut melalui lokakarya dan kritik. Peserta belajar menjelajahi cerita pendek, rangsangan tingkat lanjut, dan berpartisipasi dalam sesi kritik bersama untuk memoles ekspresi kreatif mereka.

Profil ini memberikan gambaran menyeluruh tentang isi, tujuan, dan kegiatan yang disesuaikan dengan peserta belajar pada tingkat kemahiran bahasa yang berbeda sesuai dengan kerangka CEFR. Kursus ini secara progresif menantang dan meningkatkan kemahiran bahasa, memastikan pengalaman pembelajaran Bahasa Inggris yang komprehensif.

Kelas Persiapan Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Introductory to Academic English

Kelas Pengantar Bahasa Inggris Akademik dirancang untuk siswa yang mendapat nilai 400 atau lebih rendah pada tes TOEFL. Kelas ini bertujuan untuk membekali siswa dengan dasar yang kuat dalam bahasa Inggris akademis, memungkinkan mereka untuk membiasakan diri dengan keterampilan dan konvensi bahasa yang diperlukan untuk lingkungan akademik dan kegiatan akademis di masa depan. Pada kelas ini, siswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas dan latihan yang berfokus pada pengembangan keterampilan dasar bahasa Inggris akademis. Penekanannya akan ditempatkan pada peningkatan pemahaman membaca, keterampilan menulis, pemahaman mendengarkan, dan kemampuan berbicara dalam konteks akademik. Selain itu, siswa akan diperkenalkan dengan kosakata akademik utama dan konvensi penulisan akademik dasar. Untuk pemahaman membaca, Siswa akan berlatih membaca teks akademik pada tingkat pemula, secara bertahap meningkatkan keterampilan pemahaman mereka. Siswa akan mempelajari strategi membaca yang penting, seperti mengidentifikasi gagasan utama, memahami konteks, dan mengenali detail pendukung. Untuk keterampilan Menulis Dasar: Kursus ini akan memperkenalkan siswa pada dasar-dasar penulisan akademik, termasuk struktur kalimat, pengembangan paragraf, dan penggunaan tata bahasa dasar. Siswa akan belajar mengungkapkan ide-ide mereka dengan jelas dan koheren dalam tugas menulis akademik sederhana. Untuk pemahaman Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan terlibat dengan materi akademik, seperti rekaman ceramah dan diskusi akademis singkat. Siswa akan berlatih memahami gagasan utama, mengikuti arahan, dan mengenali kosakata akademis umum. Untuk keterampilan Berbicara dan Presentasi: Siswa akan mengembangkan keterampilan berbicara dasar yang diperlukan untuk komunikasi akademik. Siswa akan berlatih berpartisipasi dalam diskusi akademis sederhana, memberikan presentasi singkat, dan mengungkapkan ide-idenya dengan jelas dan percaya diri. Untuk Kosakata Akademik: Siswa akan diperkenalkan dengan kosakata akademik penting yang berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu. Siswa akan mempelajari istilah akademis umum, ekspresi idiomatik, dan terminologi khusus untuk konteks akademis. Pada akhir kelas Pengantar Bahasa Inggris Akademik, siswa akan memiliki dasar keterampilan bahasa Inggris akademik yang diperlukan untuk studi akademis lebih lanjut. Siswa akan meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam konteks akademik, dan memperoleh keakraban dengan kosakata akademik dasar.

Academic English

Kelas Bahasa Inggris Akademik dirancang khusus bagi siswa yang telah mencapai nilai tes TOEFL antara 401 dan 450. Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bahasa Inggris akademik, memungkinkan mereka untuk terlibat secara efektif dalam lingkungan akademik dan memenuhi tuntutan bahasa di pendidikan tinggi. Pada kelas ini, siswa akan fokus pada pengembangan keterampilan bahasa penting yang diperlukan untuk keberhasilan akademik. Penekanannya akan ditempatkan pada peningkatan pemahaman membaca, kemahiran menulis, pemahaman mendengarkan, dan keterampilan berbicara dalam konteks akademik. Siswa juga akan mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan analitis yang diperlukan untuk tugas dan tugas akademik. Untuk Membaca dan Pengembangan Kosakata: Siswa akan terlibat dengan berbagai teks akademis, termasuk artikel, makalah penelitian, dan materi ilmiah. Siswa akan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan mereka, memperluas kosakata akademis mereka, dan mempelajari strategi efektif untuk memahami dan mengekstraksi informasi dari teks yang kompleks. Untuk Keterampilan Menulis dan Gaya Akademik: Kursus ini akan membimbing siswa melalui proses penulisan akademis, termasuk komposisi esai, pengembangan makalah penelitian, dan konvensi penulisan formal. Siswa akan belajar menyusun struktur tulisan mereka secara efektif, mengembangkan argumen yang kohesif, dan menyempurnakan penggunaan tata bahasa dan kosa kata untuk memenuhi standar penulisan akademis. Untuk Pemahaman Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka dengan terlibat dalam ceramah akademik otentik, presentasi, dan diskusi. Siswa akan mempraktikkan teknik mendengarkan aktif, dan strategi mencatat, serta mengembangkan kemampuan mereka untuk memahami dan mengikuti wacana akademik yang kompleks. Untuk Keterampilan Berbicara dan Presentasi: Siswa akan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri dengan percaya diri dan efektif dalam lingkungan akademik. Siswa akan berlatih diskusi akademis, terlibat dalam proyek kelompok, dan menyampaikan presentasi tentang topik akademik. Perhatian khusus akan diberikan untuk meningkatkan pengucapan, kelancaran, dan daftar akademik. Untuk Keterampilan Akademik dan Berpikir Kritis: Kursus ini akan fokus pada pengembangan keterampilan akademik yang penting, seperti parafrase, merangkum, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber. Siswa juga akan meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dengan menganalisis dan mengevaluasi teks akademik, terlibat dalam perdebatan, dan merumuskan argumen berbasis bukti. Pada akhir kelas Bahasa Inggris Akademik, siswa akan meningkatkan kompetensi mereka dalam Bahasa Inggris Akademik secara signifikan. Siswa akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk memahami dan menganalisis teks akademik, mengekspresikan diri mereka dengan lancar dan koheren baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, dan terlibat dalam diskusi dan presentasi akademik dengan percaya diri.

IELTS Preparation 1

Kelas Persiapan IELTS 1 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 450 dan 500 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 4,5. Tujuan utama dari kelas ini adalah untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 5,5 pada ujian International English Language Testing System (IELTS). Pada kelas ini, siswa akan terlibat dalam berbagai aktivitas dan latihan yang disesuaikan untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam keempat komponen tes IELTS: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Penekanannya akan ditempatkan pada pengembangan keterampilan bahasa yang penting, strategi pengambilan tes, dan teknik manajemen waktu. Dalam membangun Keterampilan Mendengarkan: Siswa akan meningkatkan keterampilan pemahaman mendengarkan mereka melalui latihan ekstensif dengan berbagai materi audio, termasuk percakapan, ceramah, dan wawancara. Siswa akan mempelajari teknik pencatatan yang efektif, mengembangkan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi informasi penting, dan meningkatkan pemahaman mereka secara keseluruhan tentang bahasa Inggris lisan. Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca: Kursus ini akan fokus pada penguatan keterampilan pemahaman membaca siswa dengan memaparkan mereka pada berbagai bagian bacaan otentik. Melalui latihan dan diskusi yang dipandu, siswa akan mempelajari strategi membaca yang efektif, seperti skimming, scanning, dan mengidentifikasi ide-ide utama, rincian pendukung, dan makna yang disimpulkan. Dalam mengembangkan Kemahiran Menulis: Siswa akan mengembangkan keterampilan menulisnya dengan mempraktikkan berbagai jenis tugas menulis yang biasa ditemukan dalam ujian IELTS. Siswa akan belajar bagaimana menyusun esai secara efektif, mengekspresikan ide-ide mereka secara koheren, dan menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sesuai. Selain itu, siswa akan menerima umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Dalam meningkatkan Kefasihan Berbicara: Kursus ini akan memberi siswa banyak kesempatan untuk berlatih dan menyempurnakan keterampilan berbicara mereka. Melalui terlibat dalam diskusi kelompok, memberikan presentasi, dan berpartisipasi dalam tes berbicara tiruan, siswa akan mengembangkan kepercayaan diri dalam mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka dengan lancar dan akurat. Siswa juga akan menerima umpan balik tentang pengucapan, intonasi, dan keakuratan tata bahasa. Pada kelas ini, siswa juga akan mempelajari strategi penting dalam mengambil tes khusus untuk ujian IELTS. Siswa akan terbiasa dengan format dan persyaratan setiap bagian, memahami kriteria penilaian, dan mempraktikkan teknik manajemen waktu yang efektif untuk mengoptimalkan kinerja mereka selama ujian. Pada akhir Kelas Persiapan IELTS 1, siswa akan memperoleh keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencapai skor band 5,5 pada ujian IELTS. Siswa akan meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mereka secara keseluruhan dan siap untuk maju ke tingkat persiapan IELTS berikutnya atau mengejar tujuan akademik dan profesional mereka yang membutuhkan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang lebih tinggi.

IELTS Preparation 2

Kelas Persiapan IELTS 2 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 501 dan 550 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 5,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 6,5 pada ujian International English Language Testing System (IELTS). Sepanjang kursus intensif ini, siswa akan terlibat dalam aktivitas dan latihan yang ditargetkan yang dirancang untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam keempat komponen tes IELTS: mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Kelas ini akan fokus pada pengembangan lebih lanjut keterampilan bahasa, menyempurnakan strategi pengambilan tes, dan meningkatkan kelancaran dan akurasi secara keseluruhan. Untuk Pemahaman Mendengarkan Tingkat Lanjut: Siswa akan menyempurnakan keterampilan mendengarkan mereka melalui paparan ekstensif terhadap berbagai materi audio otentik, seperti ceramah, wawancara, dan diskusi. Siswa akan berlatih mengidentifikasi informasi spesifik, membuat kesimpulan, dan memahami ide-ide kompleks. Selain itu, siswa akan berupaya mempertajam kemampuan mencatat dan meningkatkan akurasi dan kecepatan mendengarkan secara keseluruhan. Untuk Keterampilan Membaca Kritis: Kursus ini akan berkonsentrasi pada peningkatan keterampilan pemahaman membaca siswa dengan melibatkan teks akademis yang menantang. Siswa akan mempelajari teknik membaca tingkat lanjut, termasuk menganalisis argumen yang kompleks, mengidentifikasi makna tersirat, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber. Penekanan juga akan diberikan pada perluasan kosa kata dan pemahaman penggunaan bahasa yang berbeda. Untuk Teknik Menulis Tingkat Lanjut: Siswa akan lebih mengembangkan kemampuan menulis mereka dengan terlibat dalam serangkaian tugas menulis yang mencerminkan tugas-tugas yang ditemukan dalam ujian IELTS. Siswa akan belajar bagaimana menulis esai yang koheren dan terstruktur dengan baik dengan kosakata tingkat lanjut, penggunaan tata bahasa yang tepat, dan argumentasi yang efektif. Siswa juga akan menerima umpan balik yang dipersonalisasi untuk menyempurnakan keterampilan menulis mereka dan mengatasi area peningkatan tertentu. Untuk Berbicara Lancar dan Koheren: Kelas ini akan memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan kefasihan, koherensi, dan akurasi berbicara mereka. Melalui kegiatan interaktif, diskusi, dan presentasi, siswa akan menyempurnakan kemampuan mereka untuk mengungkapkan ide dengan jelas, mendukung argumen, dan terlibat dalam percakapan yang panjang. Pengucapan dan intonasi juga akan ditekankan untuk menjamin komunikasi yang efektif. Strategi Tes Tingkat Lanjut: Siswa akan memperoleh strategi pengambilan tes tingkat lanjut yang secara khusus disesuaikan dengan ujian IELTS. Siswa akan memahami seluk-beluk setiap bagian tes, mendapatkan wawasan tentang kriteria penilaian, dan mempraktikkan teknik manajemen waktu untuk mengoptimalkan kinerja mereka. Tes tiruan dan latihan yang ditargetkan akan mensimulasikan kondisi ujian nyata dan memberikan umpan balik yang berharga untuk perbaikan. Pada akhir Persiapan IELTS 2, siswa akan memperoleh keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk mencapai skor band 6,5 pada ujian IELTS. Siswa akan menunjukkan kemahiran dalam memahami materi akademik yang kompleks, mengekspresikan diri dengan lancar dan akurat, dan menerapkan strategi yang efektif untuk unggul dalam format tes.

IELTS Prepaparation 3

Kelas Persiapan IELTS 3 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 551 dan 600 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 6,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 7 pada ujian International English Language Testing System (IELTS). Kelas Persiapan IELTS 3 dirancang khusus untuk siswa yang telah mencapai skor tes TOEFL antara 551 dan 600 atau memiliki skor IELTS setara sekitar 6,5. Kursus ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai skor band 7 pada ujian International English Language Testing System (IELTS).

Kelas Bahasa Mandarin

Dewasa ini, China diprediksi akan menjadi salah satu kekuatan penting tata baru perekonomian dunia. Pengaruhnya di Kawasan Asia, secara langsung atau tidak langsung, akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Hubungan diplomatik dan dinamika perdagangan Indonesia-China, memiliki arti penting bagi masyarakat Asia. China dengan kekuatan ekonomi, keunikan bahasa dan budayanya, dipandang perlu untuk dipelajari.

Unit Pengelola Akademik Bahasa (UPA Bahasa) di Universitas Mataram menyediakan layanan kursus Bahasa Mandarin tingkat dasar yang bertujuan untuk memberikan akses dan mendukung pengembangan keterampilan berbahasa Mandarin sebagai bahasa kedua bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Sasaran dari pelayanan ini adalah mahasiswa dan masyaraat umum yang ingin memulai atau meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin untuk keperluan pribadi atau profesional.

Program ini diperuntukkan bagi pemula dengan pengenalan huruf pinyin, hanzi, angka serta greeting. Materi pembelajaran meliputi; Mandarin for Daily Life. Pemahaman dan penggunaan Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari dan mengekspresikan perasaan. Pengenalan huruf pinyin dan cara penulisan huruf hanzi sehingga siswa dapat membuat kalimat, dengan menggunakan komputer dan alat komunikasi lain seperti Mobile Phone . Siswa juga diharapkan dapat memahami “basic phones and tones”, mampu berbicara, menulis dan membaca dalam aktivitas sehari-hari.

Struktur kurikulum bahasa Mandarin dikembangkan berdasarkan keperluan peserta kursus dengan mempertimbangkan level kemampuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam program ini dengan model active learning dengan mengedepankan drill atas empat kemahiran yaitu kemahiran membaca, berbicara, menulis dan mendengarkan.

Registrasi administratif kelas bahasa Mandarin dilaksanakan oleh bagian administrasi UPA Bahasa, dan registrasi dilaksanakan dalam tiga periode dalam setahun, yang dapat dilakukan secara online melalui laman pubah.unram.ac.id dengan ketentuan dan prosedur seperti yang tercantum pada pelaksanaan kegiatan UPA Bahasa.

Training of Trainers (ToT)

Melalui pelatihan, seminar, dan diskusi, program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan tutor Bahasa Inggris serta mata pelajaran lainnya. Program ini mencakup:

  • Pengembangan Profesional Guru
  • Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris
  • Pengajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajar Muda (TEYL)
  • Strategi dan Model Pembelajaran Bahasa Inggris
  • Penelitian Tindakan Kelas
  • Desain Kurikulum
  • Pembelajaran Pelajaran
  • Pengembangan Media dan Pelatihan Bahan Pembelajaran
  • Pelatihan Penerjemahan